Selasa, 11 Agustus 2015

SUPPLY CHAIN MANAGEMENT (SCM)



-SCM à menghubungkan pemasok,pabrik, pusat distribusi, toko eceran dan pelanggan untuk menyediakan  barang dan jasa dari sumber melalui konsumsi.

Tujuan dalam rantai suplai ialah memastikan material terus mengalir dari sumber ke konsumen akhir. Bagian-bagian (parts) yang bergerak di dalam rantai suplai haruslah berjalan secepat mungkin. Dan dengan tujuan mencegah terjadinya penumpukan inventori di, satu lokal, arus ini haruslah diatur sedemikian rupa agar bagian-bagian tersebut bergerak dalam koordinasi yang teratur.  Istilah yang sering digunakan ialah synchronous. (Knill, 1992)
-
-Informasi dan SCM à jika produsen memiliki informasi sempurna tentang  berapa banyak unit produksi yang diinginkan pelanggan, kapan mereka menginginkannya dan kapan dapat produksi, maka menggunakan strategi Just In Time
Just in Time : suatu sistem produksi yang dirancang  untuk mendapatkan kualitas, menekan biaya dan mencapai waktu penyerahan seefisien mungkin. Untuk mencapai ini semua perusahaan memproduksi hanya sebanyak jumlah yang dibutuhkan/diminta konsumen sehingga dapat mengurangi biaya pemeliharaan maupun menekan kemungkinan kerusakan atau kerugian menimbun barang
-Masalah yang sering muncul pada SCM : efek bullwhip (permintaan tiap level berbeda sehingga menimbulkan informasi permintaan yang tidak akurat)

0 komentar:

Posting Komentar