Senin, 03 Agustus 2015

PERKEMBANGAN PERANGKAT LUNAK PAKET APLIKASI



Sejak beredarnya komputer personal, telah ada ribuan macam perangkat lunak untuk bermacam-macam keperluan aplikasi tersedia di pasaran guna memenuhi kebutuhan para pemakai komputer.
1976. ELECTRIC PENCIL.
Pada tahun 1976, Michael Shrayer memperkenalkan suatu program pengolah kata (word processor) yang diberi nama Electric Pencil. Michael Shrayer yang tinggal di California adalah seorang programmer yang menjual program-program yang dibuat dengan komputer mikro Altair. Untuk keperluan menulis manual penggunaan program-program yang dijualnya, daripada menggunakan mesin ketik biasa, Michael Shrayer menggunakan sebuah program pengolah kata, maka lahirlah Electrical Pencil. Electrical Pencil pada mulanya hanya untuk komputer mikro Altair saja, tetapi kemudian dikembangkan untuk komputer-komputer mikro yang lainnya dan untuk sejumlah alat cetak (printer), semuanya sampai dengan 78 versi. Electric Pencil tidak dapat menembus pasaran karena kurang populer. Electrical Pencil merupakan paket pengolah kata yang pertama dan sampai 2 tahun kemudian merupakan paket pengolah kata satu-satunya yang beredar di pasaran.
1979. WORD STAR.
John Barnaby menulis program pengolah kata atas permintaan Seymour Rubinstein. Sebelum John Barnaby menulis program tersebut, SeymourRubinstein telah mengunjungi beberapa penjual perangkat lunak untuk mengetahui keinginan masyarakat tentang perangkat lunak pengolah kata. Program paket pengolah kata tersebut kemudian disebut dengan Word Star dan langsung sukses di pasaran dengan perusahaannya yang bernama Micropo. Sampai sekarang Word Star merupakan program paket pengolah kata yang paling populer. Beberapa versi Word Star telah beredar di pasaran, diantaranya Word Star Release 3.4, Word Star Profesional Release 4.0, Word Star 2000+ Release 2.0 dan lain sebagainya.
1979. APPLE WRITER.
Apple Writer juga merupakan program paket pengolah kata yang laris terjual. Apple Writer ditulis oleh Paul Lutus yang nyentrik. Paul Lutus menulis program-programnya di tempat terpencil di puncak gunung dalam sebuah rumah kecil yang berukuran 3,5 meter x 5 meter. Paul Lutus merupakanprogrammer yang independen, tidak mau tergantung atau terikat dengan proyek-proyek orang lain. Setahun kemudian dari Apple Writer, Paul Lutus mendapat royalti sekitar $7.500 tiap harinya.
1979. VICIALC.
Pada tanggal 11 Mei 1979 pada West Coast Computer Fair, paket program spread sheet komersial pertama yang dirancang untuk pemakai komputer personal telah diperkenalkan dengan nama VisiCalc (Visible Calculator atau Visual Calculator). Paket program ini mudah dijalankan dan banyak digunakan untuk analisa bisnis. VisiCalc merupakan ide dari Daniel Bricklin dan dibuat oleh Robert Frankston. Daniel Bricklin adalah seorang lulusan dari MIT yang sudah bekerja sebagai software engineer di perusahaan komputer Digital Equipment Corporation (DEC) yang kemudian mengikuti kuliah kembali di Harvard Business School untuk mempelajari masalah bisnis.
Sewaktu mengikuti kuliah, Daniel Bricklin membuat latihan untuk melihat efek dari kenaikan tingkat suku bunga terhadap biaya dan laba suatu perusahaan. Perhitungan ini sangat lama dan menjemukan, karena harus dilakukan beberapa kali untuk data-data yang berbeda.  Setiap kali satu bentuk data dirubah untuk melihat efek keseluruhannya, maka hasil yang berhubungan dengan data-data tersebut harus dihitung ulang kembali. Walaupun sudah menggunakan kalkulator elektronik, tetapi masih tetap lama dan menjemukan. Dari sini timbul suatu pemikiran untuk membuat suatu program yang dapat membantu menyelesaikan permasalahan tersebut. Daniel Bricklin kemudian berdiskusi denagn temannya, Robert Frankston yang juga seorang software engineer. Robert Frankston kemudian mulai menulis program tersebut pada akhir tahun 1978dan dipasarkan pada tahun 1979. VisiCalc pertama kali ditulis untuk komputer Apple. VisiCalc sukses besar di pasaran dan untuk tahun pertama saja telah terjual sebanyak 100.000 copy dengan harga sekitar $ 200 per copy.
1981. DBASE-II.
Wayne Ratliff, ahli teknik NASA menulis suatu program untuk aplikasi bisnis pada waktu senggangnya dan memasarkannya dengan nama Vulcan, tetapi tidak sukses di pasaran.
Sementara itu George tate, ahli di dalam mereparasi komputer yang kemudian menjadi ahli pemasaran software bersama-sama dengan Hal Lachlee mengadakan kontrak dengan Wayne Ratliff untuk memasarkan vulcan. Nama Vucan kemudian dirubah menjadi dBASE-II, supaya seakan-akan merupakan software yang terbaru, hasil dari peningkatan dBASE sebelumnya, padahal dBASE-I tidak pernah ada. dBASE-II tersebut dipasarkan pada tahun 1981 dengan nama perusahaannya Ashton-Tate yang sebenarnya merupakan paket DBMS (Database Management Systems) yang mempunyai bahasa tingkat tinggi. dBASE-II langsung menguasai pasaran dab menjadi program yang laris.
dBASE-II pertama kali digunakan untuk komputer 8-bit dengan sistem operasi CP/M. Bahasa dBASE-II dikembangkan dengan versi 2.4 yang dapat digunakan selain untuk komputer 8-bit, juga untuk komputer 16-bit dengan operasi PC-DOS atau MS-DOS. Perkembangan selanjutnya dari dBASE-II adalah dBASE-III dan dBASE-III+ yang juga sukses di pasaran.
1982. LOTUS 1-2-3.
Lotus 1-2-3 merupakan suatu program paket yang berisi gabungan program-program spreadsheet, grafik dan kemampuan untuk mandapatkan informasi, yaitu tiga bentuk program dalam satu program (sehingga dinamakan 1-2-3). Lotus 1-2-3 dipromosikan pada akhir tahun 1982 dan sampai bulan juli tahun berikutnya telah terjual sekitar 60.000 copy dengan harga $ 495 per-copy. Lotus 1-2-3 ditulis oleh Mitchel Kapor, lulusan dari Yale University tahun 1971. Lotus 1-2-3 khusus ditulis untuk komputer mikro 16 bit IBM PC.
            Berikut ini akan disajikan beberapa macam paket software untuk komputer IBM PC atau yang kompatibel dengan IBM PC.
1.         Aplikasi untuk pengolah kata:
Benchmark Word Pocessor, Blue, Datatext Display Writer, Easywriter II, EDIX + WORDIX, The Executive Secretary, Final Word, Searchlit/Mediscript, Multimate, NBI Word Processing, Peachtext 5000, Palantir Word Processor, PC Text, PFS-Write, Powertext, Qwerty, Spell Binder, Textplus, Versa Text, Visiword, Volkswriter, Word Perfect, Word Star, Word Vision, The Word Worker, Write On, Microsoft Word.
2.         Aplikasi untuk Database dan File Management:
Advance DB Master, Advanced System PAC, Aladin, Condor Series 20-3, Data Ace, The Data Bank, Dataease, Datafax, Tha Data Factory, dBASE III, Easy Filer, Friday, FYI 2000/Super File, IDM-X, Infi-Gen, Infostar, Logiquest III, Microrim, Next Step, Notebook, Paradoks, Personal Pearl, PFS: File, QBASE, TIM III, RBASE, Ultrafile, Versatext PCBASE, Visifile, FoxBASE, Access.
3.         Aplikasi untuk permodelan:
Calc-86, Calcstar, Construction Models, Docucalt, Easycalc, Easy Planner, The Executive Package,  The Financial Planner, Frame Work, Loadcalc, Logicalc, Lotus 1-2-3, Mergecalc, Microplan, Microsoft Window, Multiplan, Number Cruncher, Plan80, Power Planner, Procalc, Scratchpad, Stretchale, Supercalc, Symphony, Target Financial Modeling, Target Applications Guide, The Thinker, TK!Solver, Visicalc,  Visitrend/Plot. Vizualize, VIZ-A-CON.
4.         Aplikasi untuk investasi manajemen.
Financial Fastrax, Financial Software Series, Market Maverick, Optioncalc, Stockcal, 25.03 Fixed Asset Manager, Vestca$h.
5.         Aplikasi untuk akuntansi:
Account Payable, Account Receivable, BPI, Colorbiz Infentory, Execuware E.O.Q. General Ledger & Financial Reporter, General Ledger, General Ledger System,  The Lager, Home Accountant, Infotory, Inventory Control, Payroll, Peachtree, Q/Label, The Small Business Accountant, Small Business Acounting, State of The Art Accounting Programs, Total Accounting Series, Versaledger II, Versainventory, Versapalables, Versapayroll, Versareceivables, DEA.
6.         Aplikasi untuk penjadwalan proyek:
            Micrograntt, Shoebox, Time Scheduler/Organizer, Visischedule.
7.         Aplikasi untuk komunikasi dan telekomunikasi:
Ascom, Ethernet, The Micro Link II, Microterm, Micro/Terminal, Move-It.  PC BBS, PCNet, Smarterm/PC TE 100.
8.         Aplikasi untuk grafik:
Auto Cad, Business Graphics, Business Graphics System, Certificate Maker, Character Generator, Cheetah, Data Plotting Software for Micros, Dr. Draw, Dr. Hallo, Fast Graphs, Graphics Utility, Graph Magic, Mirrorgraph, Newsroom,  PC Crayon, PC-Draw, PCF-Screenset, PC Storyboard, Peachtree Graphics Language, Personal Basic, PFS:Graph, Print-it, Print Master, Print Shop, Pyxel Visuals, Video Graph Plus.
9.         Aplikasi untuk manipulasi printer:
            Lettrix, Fancyfont, Nice Print, Select A Font, Printer Boss, Side Ways.
10.       Aplikasi untuk program manfaat:
Autodex, Cache/Q, Cross Reference, Databurst,  Disk Magic, Diskmap/PC, Drive-it, FASB/PC, ISAM Routines, Keynote, Keyset, Lazycoder-Screen, Memory Disk, Multi Link, PC Tools, The Norton Utilities, Peek ‘n Pokes, Prokey, Screen Formater, Sevenware, Side Kick, The Spooler, Super Key, System-Backup, UT-86, XREF.
11.       Aplikasi untuk sorting:
            Autosort/86M, Fastsort, HBSort, The Sort, The Sorter.
12.       Aplikasi untuk pendidikan:
Engineering Software, Facemaker, Fifty Programs for The IBM PC, Language Teacher Series, Math Drills, PC Pal, PC Pilot, Snooper Troops#1, Speed Reader II, States’n Caps, Touch Typing Made Easy, Word Attack!, Word Whiz, Your Personal Computer Tutor, Video Etch.
13.       Aplikasi untuk permainan:
Ali Baba and The Forty Thieves, Apple Panic, Asylum, Attack on Altair, Aztec, Bug Off, Cashman, Chomps, Cosmic Crusader, Course of Ra, Cross-fire, Cyborg, Czorian Siege,  Deadline, Dunzhin, Executive Suite, The Exterminator, Federation, Flight Simulator, Floopy Frenzy, Froggrer, Jawbreaker, Jumpman, Lazermaker, Lode Runner, Microsoft Adventure, Millionaire, Moon Bugs, Mouseattack, The Original Adventure, Othello, PC-Man, Phantom’s Revenge, Pigpen, Pool 1.5, Sargon III, Scott Adam’s Adventure Series, Serpentine, Snack Attack II, Space Minner, Starcross, Swashbuckler, Temple of Aphsai, Treasure Hunt, Ultima I, Ultima II, Ulysses & The Golden Fleece, U.S. Motors, The Witness, Wizardry, Zork.
14.       Aplikasi untuk Statistik:

            BMD, Microstat, SPSS, Statpro, TSP, SAS.

Klik untuk melihat artikel Competitor Analysis (Analisa Terhadap Kompetitor)

0 komentar:

Posting Komentar