-SCM
à menghubungkan pemasok,pabrik, pusat distribusi, toko eceran dan pelanggan untuk menyediakan barang dan jasa dari sumber melalui konsumsi.
Tujuan
dalam rantai suplai ialah
memastikan material terus mengalir dari sumber ke konsumen akhir. Bagian-bagian
(parts) yang bergerak di dalam rantai
suplai haruslah berjalan secepat mungkin. Dan dengan tujuan mencegah terjadinya
penumpukan inventori di, satu lokal, arus ini haruslah diatur sedemikian rupa
agar bagian-bagian tersebut bergerak dalam koordinasi yang teratur. Istilah yang sering digunakan ialah synchronous. (Knill, 1992)
-
-Informasi dan SCM à jika produsen memiliki informasi sempurna tentang berapa banyak unit
produksi yang
diinginkan pelanggan, kapan mereka menginginkannya dan kapan dapat produksi, maka menggunakan strategi Just
In Time
Just
in Time : suatu sistem produksi yang dirancang
untuk mendapatkan kualitas, menekan biaya dan mencapai waktu penyerahan
seefisien mungkin. Untuk mencapai ini semua perusahaan memproduksi hanya
sebanyak jumlah yang dibutuhkan/diminta konsumen sehingga dapat mengurangi
biaya pemeliharaan maupun menekan kemungkinan kerusakan atau kerugian menimbun
barang
-Masalah yang
sering muncul pada SCM
: efek
bullwhip
(permintaan tiap level berbeda sehingga menimbulkan informasi permintaan yang
tidak akurat)
0 komentar:
Posting Komentar